Halaman

Rabu, 14 September 2022

Lakukan Pengenalan dan Penanaman TOGA, Mahasiswa KKN Unasman Menyasar Siswa


Polman-andankji.com. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) Angkatan 35 Kelompok Desa Bumiayu melaksanakan program penanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di SDN 020 Kebunsari pada Senin 12 September 2022. Pelaksanaan program ini didukung penuh oleh Kepala Sekolah SDN 020 Kebunsari.

“Penanaman TOGA ini sangat bermamfaat. Hasil dari TOGA ini nantinya dapat dibuat sebagai obat-obatan dan juga dijual sebagai bahan dasar membuat jamu,” ujar Syamsu Naim, S.Pd., Kepala Sekolah SDN 020 Kebunsari.

Pelaksanaan penanaman Tanaman Obat Keluarga dilakukan bersama-bersama siswa kelas 4 SDN 020 Kebunsari. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan pemahaman siswa tentang pentingnya tanaman obat keluarga khusunya bagi Kesehatan. Tanaman yang tercakup dalam TOGA ini dapat dimamfaatkan sebagai obat tradisional berupa jamu.

Sebelumnya, pada Minggu 11 September 2022, mahasiswa KKN Unasman melakukan pembersihan lahan.

Koordinator Desa KKN-PUMD Bumiayu, Zulfia Ibrahim, mengatakan bahwa kegiatan penanaman TOGA dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab siswa terhadap apa yang mereka lakukan.

“Setiap siswa kelas 4 menanam setidaknya dua tanaman, dan masing-masing dari mereka akan bertanggung jawab dengan tanaman yang mereka tanam. Misalnya menyiram tanamannya setiap pagi hingga perawatan lainnya. Hal tersebut disambut antusias oleh para siswa. Para siswa memberi penanda pada tanaman mereka masing-masing”, ujar Zulfia.



Kegiatan pertama dilakukan dengan memberikan edukasi terkait TOGA, selanjutnya dilakukan praktek penanaman. Ada enam jenis tanaman obat tradisional yang di tanam dan dikenalkan mamfaatnya kepada para siswa yaitu; kunyit, lidah buaya, serai, kencur, lengkuas dan kumis kucing. Kegiatan penanaman TOGA diharapkan dapat diterapkan oleh para siswa di kehidupnnya sehari-sehari.

“Menanam bersama teman-teman sangat seru”, ucap salah satu siswa dengan antusias.

Pada akhir kegiatan para siswa diperkenalkan salah satu produk olahan dari TOGA yaitu minuman tradisional Sara'ba.


Rilis, Zulfia Ibrahim (Mahasiswa KKN-PUMD Unasman)

Tidak ada komentar: